Jumat, 09 Desember 2011

Memotong lagu dengan Adobe Audition

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan program Adobe Audition. Salah satu diantaranya adalah memotong lagu.Fungsi ini sering dipakai para sound engineering untuk membuat musik iringan bagi para dancer pada saat mereka tampil ataupun buat hal hal yang menarik lainnya. Pada kesempatan ini akan saya uraikan cara memotong dan menyambung lagu dengan metode yang mudah dimengerti sekalipun bagi mereka yang masih baru didunia audio editing.Baiklah langsung aja kita mulai....


Langkah 1
Install Software Adobe Audition apapun versinya ( Adobe Audition 1.5,2.0,ataupun 3.0 .)

Langkah 2
Buka software Adobe Audition yang telah di install.Maka akan tampil seperti gbr dibawah ini,kemudian klik Multitrack View .
 Gbr.1 
Atau jika kita baru pertama kali menggunakan Adobe Audition maka tampilan akan seperti di bawah ini  (tampilan Adobe Audition theme.ses ).
 Gbr.2

Jika anda menemui hal seperti gbr 1 maka setelah di klik Multitrack View tampilan akan menjadi seperti gbr di bawah ini..

Gbr.3
 Tapi jika anda menjumpai hal seperti gbr 2 maka langkah selanjutnya adalah klik file – new session – atur sample rate pada posisi 44100 ( jika kedepan anda ingin menyimpan proyek anda ke CD ) atau 96000 ( jika kedepan anda ingin menyimpan proyek anda ke DVD ) kemudian Klik OK. Maka sekarang tampilan akan seperti gbr 3..
Langkah 3
Masukkan file lagu kedalam track dengan cara klik insert – audio – cari lokasi tempat lagu di simpan – open. Atau klik kanan salah satu track – audio – cari lokasi tempat lagu disimpan – open. 
Gbr.4
Maka akan tampil waveform file lagu kita seperti terlihat pada gbr di bawah ini...
Gbr.5
Langkah 4
Saatnya memotong Lagu kita…
Langkahnya....
Ø      Klik bagian lagu yang akan kita potong kemudian seleksi sedikit saja menggunakan time selection tool  
Gbr 6.
Ø      Tekan tombol Delete pada keyboard, Maka lagu sudah terpotong seperti tertera pada gambar dibawah ini.Kita tinggal membuang bagian lagu yang tidak kita inginkan.  
Gbr 7.
nah itu tadi sekedar contoh buat sahabat semua... selamat mencoba semoga bermanfaat...!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Email subscribe

Sign up for our newsletter to receive the latest news and event postings.

Copyright © 2011 Blog, All Right Reserved. Design by Java Templates Powered by Blogger