Senin, 03 Oktober 2011

Seputar CGI Dalam Cinema

Digital Cinema memegang peranan penting dalam pembuatan film modern masa kini. nah dalam pembahasan kali ini, saya akan memperkenalkan produksi-produksi dalam film itu sendiri secara digital dengan penggunaan CGI sebagai solusi dari penghematan dalam pengeluaran anggaran pembuatan film.

Digital produksi dan pasca produksi

Sampai saat ini, proses pembuatan film yang sebenarnya dari sebuah produksi film selalu menggunakan 35mm atau 70mm kamera film yang menggunakan tabung-tabung seluloid. Kualitas Gambar yang dihasilkan oleh kamera digital dirasakan secara signifikan lebih rendah dari film sementara, rekaman film semakin banyak diproses ke dalam komputer untuk manipulasi pasca produksi, proses produksi itu sendiri tetap berbasis seluloid. Dalam Teorinya, Digital film dimulai pada akhir tahun 1980-an, ketika Sony datang dengan pemasaran konsep ‘sinematografi elektronik’. Inisiatif ini gagal lepas landas dengan profesional dan publik yang serupa, dan pada akhir tahun 1990-an, dengan pengenalan perekam HDCAM dan penggantian nama proses menjadi ‘sinematografi digital’, membuat film menggunakan kamera digital dan peralatan terkait akhirnya mulai mengambil alih.
George Lucas berperan penting dalam melahirkan pergeseran ini, ketika pada tahun 2001-2 dia menembak ‘Attack of the Clones‘ episode Star Wars saga-nya digital, menggunakan Sony HDW-F900 HDCAM camcorder dilengkapi dengan lensa Panavision high-end (fitur Perancis Vidocq (Pitof 2001) sebenarnya adalah tembakan pertama dengan kamera Sony). Kamera ini juga mampu mengambil gambar dalam standar konvensional Amerika 30-frame/detik gambar interlaced, kamera ini juga bisa mengambil gambar 24-frames/detik, standar untuk film kamera, dan juga video progresif, video terdiri dari bingkai lengkap dengan interlaced bidang. High-end kamera menggunakan sensor tunggal yang mempunyai ukuran yang sama seperti film 35mm frame, dan memungkinkan pengambilan kedalaman lapangan yang sama seperti kamera film konvensional. Selain itu, pengambilan gambar dalam format HDTV progresif memberikan ukuran gambar sebesar720 pixel atau bahkan 1080 pixel. Hasilnya adalah ‘filmis’ daripada sebuah ‘televisual’ dilihat dari pengambilan gambar.

Pada pertengahan 1990-an, kamera Sony format DCR-VX1000 MiniDV menjanjikan kualitas gambar yang seperti itu, akan tetapi, masih tidak sebagus film. kamera tersebut cukup baik untuk pembuatan film yang mempunyai dana yang minim untuk memulai pengambilan fitur gambar mereka secara digital dan editing di program desktop yang relatif murah perangkat lunak. Kamera high-end digunakan secara minimal atau kompresinya tidak ada proses untuk mengurangi ukuran file, sedangkan MiniDV sistem biasanya menggunakan tingkat kompresi yang tinggi, mengurangi kualitas gambar untuk kepentingan penyimpanan ukuran.

Karena jangkauan dinamis yang lebih rendah dari kamera digital, pengkoreksian bagian cuplikan yang buruk lebih sulit untuk dilakukan di pasca-produksi. Sebuah solusi parsial untuk masalah ini adalah penambahan video-kompleks membantu teknologi selama proses pengambilan gambar. Mungkin ini ‘hanya’ terdiri dari monitor video high-kinerja yang memungkinkan sinematografer untuk melihat apa yang sedang direkam dan untuk membuat penyesuaian yang diperlukan. Pada yang paling kompleks, namun akan mencakup monitor menampilkan bentuk gelombang yang tepat dan analisis warna sehingga cinematographer dan asistennya dapat membuat penyesuaian menit untuk tiap komponen gambar. Karena ini merupakan solusi teknologi tinggi, tidak mengherankan jika ini memerlukan anggaran produksi yang terbesar.

Sebuah keuntungan lebih lanjut dari penciptaan digital set dan lokasi, terutama di usia meningkatkan serial film, sekuel dan waralaba, adalah bahwa set virtual, sekali dibuat dalam komputer dan disimpan sebagai data, dapat dengan mudah diregenerasi untuk produksi film masa depan , membuat sekuel waralaba menguntungkan dan lebih mudah untuk membentuk dan membuat. Skala ekonomi dalam proses digital itu digunakan untuk mengimbangi spiral biaya produksi film modern. Yang Menarik dari pembalikan tren ini, mungkin, adalah bahwa penggantian tempat virtual lokasi nyata premi peningkatan pada produksi sekarang dikenali mahal yang masih pergi dengan lokasi geografis nyata untuk mengambil gambar rekaman mereka.

Konsekuensi dari meningkatnya penggunaan teknik komputer-pencitraan di pembuatan film adalah bahwa keseimbangan antara produksi (film dari adegan yang akan merupakan narasi dari film jadi) dan pasca-produksi (yang membersihkan-up foto yang diambil selama tahap produksi dan penambahan analog, dan efek sekarang digital untuk gambar-gambar dasar) secara signifikan telah diubah. Dalam pembuatan film kontemporer, periode pasca-produksi sekarang umumnya jauh lebih lama dari masa produksi, dengan sebagian besar apa yang akan merupakan gambar akhir terlihat pada layar menjadi hasil kerja yang dilakukan dalam (pencitraan yang dihasilkan komputer) dan CGI editing suite bukan pada-set atau di-lokasi. Sementara efek CGI, khususnya di film blockbuster terbesar, sangat kompleks, mahal dan waktu, yang terakhir secara konsisten menurun dan jauh lebih menarik bagi pembuat film dari resiko dan biaya sering terjadi di lokasi pemotretan langsung. Aspek lain dari proses pembuatan film modern juga merasakan dampak dari meningkatkan digitasi.

Estetika Digital Cinema

Digital imaging telah berdampak pada derajat yang bervariasi pada cara di mana adegan dalam film dibangun direkam oleh rekaman, secara bolak balik dari urutan gambar dalam adegan tersebut.

Secara historis, hal ini terjadi karena kualitas gambar kasar CGI dini;
Ada beberapa konsekuensi yang signifikan dari kualitas visual yang berbeda. Salah satu adalah bahwa gambar yang berisi sejumlah besar pekerjaan CGI biasanya muncul di layar untuk jangka waktu yang lebih pendek dari gambar ‘dunia nyata’; logika adalah bahwa gambar dari CGI tidak akan ada di layar cukup lama bagi penonton untuk mendaftarkan kepalsuan mereka, dengan demikian mengancam untuk mematahkan suspensi tidak percaya diperlukan untuk penonton untuk percaya dunia film muncul di layar di depan dia. Dan konsekuensi dari ini adalah genre yang disukai ini semacam ‘potongan-melihat’ – seperti, horor, action, genre yang melibatkan bersembunyi dan orang-orang untuk nilai maksimum kejutan – cenderung lebih disukai dibanding genre yang lebih mengandalkan interaksi emosional yang kompleks manusia, di mana lagi ditembak panjang dan kepercayaan mutlak dalam realitas karakter dimitigasi terhadap artifisial menciptakan gambar.

Aktor dan makhluk CGI pertama kali terlihat, sekilas, dalam adegan aksi dalam film seperti The Abyss (Cameron 1989; ketika makhluk air pertama dilihat kru) dan Terminator 2: Judgment Day (Cameron 1991; terutama di adegan pertarungan antara dua terminator), tetapi pada kedua mayoritas gambar yang menunjukkan baik yang nyata aktor dan elemen CGI bersama masih menyimpan dua bagian yang terpisah dari frame, tumpang tindih dengan hanya sesekali. Itu adalah Jurassic Park (Spielberg 1993) yang pertama menunjukkan pembauran dari aktor dan makhluk CGI di penampakan pertama brontosaurus yang oleh Sam Neill dan karakter Laura Dern, ketika dua aktor berjalan di depan dinosaurus dalam kamera bepergian ditembak dimiliki untuk sembilan belas detik, lebih dari cukup waktu untuk meneliti penonton untuk tempat istirahat muslihat dan ilusi. Dampaknya dan impressiveness tembakan berasal dari kedua panjangnya dan gerakan kamera; yang terakhir menjaga aktor dan dinosaurus dalam pendaftaran sempurna seperti trek kiri ke kanan, penuh kemenangan mengumumkan integrasi lengkap dari difoto dan
komputer. Namun, kamera, untuk semua gerakan nya, tetap frontal untuk tindakan.
Dengan perkembangan canggih seperti teknik dan gambar, CGI akhirnya menjadi tidak terlihat, tidak ada lagi pelatardepanan efek spektakuler dimaksudkan untuk mengesankan penonton, namun bagian yang terintegrasi dari
gambar-penciptaan alat di pembuangan pembuat film.

Pembagian Digital : Mainstream, independen dan minoritas pembuatan film
Fokus studi kritis ke dalam penggunaan CGI dan teknologi digital di pembuatan film cenderung menjadi produksi, fitur skala besar mainstream khusus efek-sarat ‘blockbuster’. Namun demikian, dua daerah lainnya dari film produksi yang layak dipertimbangkan dalam hal ini: rendah-anggaran independen dan Dunia Ketiga. Reaksi langsung dengan ide menggunakan CGI dalam produksi film independen mungkin bahwa tampilan, mengkilap buatan CGIS bertentangan dengan estetika realis konvensional yang diasumsikan kerja indie rendah anggaran. Namun independen sektor sekarang begitu besar dan beragam yang membatasi definisi tersebut semakin ketinggalan jaman. Memang, banyak pembuat film independen tertarik dalam menggunakan khususnya tampilan dan estetika visual dari CGI untuk tujuan tertentu, untuk membuat film mereka berdiri keluar dari kerumunan fitur dirilis setiap tahun.

DIGITAL CUlTURES Understanding New Media, Edited by Glen Creeber and Royston Martin

0 komentar:

Posting Komentar

Email subscribe

Sign up for our newsletter to receive the latest news and event postings.

Copyright © 2011 Blog, All Right Reserved. Design by Java Templates Powered by Blogger